Senin, 28 Desember 2015

Algoritma, Flowchart dan Pseudo-code

Pengetian Dan Contoh-Contoh ALGORITMA, FLOWCHART dan PSEUDO-CODE


Tujuan
l   Memahami Logika berpikir Komputer
l   Memahami prinsip kerja Program Komputer
l   Mampu menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma (pseudo-code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow-chart) menggunakan suatu bahasa pemrograman.

Langkah langkah dalam Pemrograman Komputer
l   Mendefinisikan masalah
l   Pada tahap ini, yang kita lakukan adalah menentukan masalah yang akan diselesaikan dengan menggunakan komputer dan apa inputan serta outputnya.

l   Menemukan solusi
l   Setelah masalah didefinisikan, maka langkah berikutnya adalah menentukan solusi. Jika masalah terlalu kompleks, maka ada baiknya masalah tersebut dipecah menjadi modul-modul kecil agar lebih mudah diselesaikan

Langkah langkah dalam Pemrograman Komputer
l   Memilih algoritma
l   Pilihlah algoritma yang benar-benar sesuai dan efisien untuk permasalahan tersebut.

l   Menulis program
l   Pilihlah bahasa yang mudah dipelajari, mudah digunakan, dan lebih baik lagi jika sudah dikuasai, memiliki tingkat kompatibilitas tinggi dengan perangkat keras dan platform lainnya

l   Menguji program
l   Setelah program jadi, silahkan uji program tersebut dengan segala macam kemungkinan yang ada, termasuk error-handlingnya sehingga program tersebut akan benar-benar handal dan layak digunakan.

Algoritma
l   Algoritma
l   urutan langkah-langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat lompat (Dari Microsoft Press Computer and Internet Dictionaary 1997, 1998).

l   Algoritma
l   alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. Alur pemikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. Tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu (Dari Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java oleh Moh Sjukani hal 1).

Algoritma
             Kegunaan algoritma :
             untuk membantu seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah berdasarkan pada pola pikirnya masing-masing.

             Ciri ciri algoritma :
             Ada input
             Ada proses
             Ada output
             Memiliki instruksi instruksi yang jelas dan tidak ambigo
             Harus mempunyai stoping role.
Algoritma
             Sifat algoritma :
             Tidak menggunakan simbol atau sintaks dari suatu bahasa pemrograman
             Tidak tergantung pada suatu bahasa pemrograman
             Notasi notasinya dapat digunakan untuk seluruh bahasa manapun

         Contoh dalam kehidupan sehari-hari :
             Algoritma memasak mie instan
              Start
              Rebus air hingga mendidih
              Masukan mie instan ke dalam air mendidih tersebut
              Tunggu bebrapa hingga mie terlihat matang
              Jika mie sudah dirasa matang, angkat dan tiriskan
              Capurkan bumbu bumbu, dan aduk hingga rata.
              end
Flowchart
             Flowchat
             Bentuk gambar/diagram yang mempunyai aliran satu atau dua arah secara sekuensial.

         Kegunaan
             Untuk mendesain program
             Untuk merepresentasikan program

         Secara garis besar, unsur-unsur pemrograman adalah Input Proses Output.
         Semua bahasa pemrograman, pasti mempunyai komponen-komponen sebagai berikut :
          Input (scanf)
         Percabangan (if, switch)
         Perulangan (while, for, for each, loop)
         Output (printf)
Flowchart
             Simbol simbol Flowcart :
Flowchart
             Soal Dan Penyelsaian Dalam Flowchart:
             Jika A lebih besar dari B maka cetak expressi pertama. Jika sebaliknya maka cetak expressi selanjutnya.
         Jawaban
             Code
{
          int A=8, B=3 ;
             if (A>B)
             {
                    sout ("Siapkan Panci ") ;
                    sout ("\nIsi Panci Dengan Air Bersih Sampai Penuh") ;
                    sout ("\nNyalakan Kompor");
                    sout ("\Simpan Panci Di Atas Kompor Dan Tunggu Sampai               Mendidih") ;
      }
                    else {
                           sout ("\nJika Sudah Mendidih Matikan Kompor                            Selesai");
                           }
}


Flowchart
2.
Pseudo-code
Kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) atau merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah. Pseudo-code sering digunakan oleh seseorang untuk menuliskan algoritma dari suatu permasalahan. Pseudo-code menggunakan bahasa yang hampir menyerupai bahasa pemrograman. Selain itu biasanya pseudo-code menggunakan bahasa yang mudah dipahami secara universal dan juga lebih ringkas dari pada algoritma
Pseudo-code
ØBagian-bagian (blok) dalam teks algoritma:
ü  JUDUL (header) algoritma
ü  DEKLARASI algoritma
ü  DESKRIPSI algoritma






Ø  Keterangan:
ü  Pasangan tanda kurung kurawal ({ dan }) digunakan untuk memberikan komentar (untuk memperjelas maksud teks yang dituliskan).
Pseudo-code
Ø  Contoh Pseudo-code Menghitung Luas persegi panjang
ü  Algoritma menghitung luas persegi panjang
             Start
             Deklarasikan luas, panjang, dan lebar
             Masukan panjang
             Masukan lebar
             Nilai luas adalah panjang * lebar
             Tampilkan Luas
             End
Pseudo-code
v Contoh Pseudo-code Menghitung Luas persegi panjang

Ø  Pseudo-code menghitung luas persegi panjang
//JUDUL (header) algoritma
menghitungLuasPersegiPanjang
{
//DEKLARASI algoritma
double luas
double panjang
double lebar
//DESKRIPSI algoritma
panjang = 10.5
lebar = 2
luas = panjang *lebar
print Luas Persegi Panjang = luas
}
Pseudo-code
Implementasi di java
class MenghitungLuasPersegiPanjang
{
      public static void main(String[] args){
                //mendeklarasikan variabel
                double luas;
                double panjang;
                double lebar;
                        //masukan nilai panjang dan lebar
                        panjang = 10.5;
                        lebar = 2;
                        //proses hitung luas persegi panjang
                        luas = panjang * lebar;
                //cetak hasil luas
                System.out.print(luas Persegi Panjang = +luas);
      }
}

TERIMA KASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar